Cara Kerja Yang Halal

Cara mencari rejeki yang halal sering kali kita sepelekan. Jangan sampai keluarga kita anak istri kita makan makanan dari rejeki yang haram. Entah tidak tahu atau memang tidak mau tahu, seorang kawan tanpa sadar memberi makan anak istrinya dari rejeki haram. Beliau bekerja di sebuah lembaga finance yang menghasilkan profit dari bunga. Nah itu Riba, apakah kita mau memberi makan keluarga dengan uang riba?






Karena itu jangan berbangga dulu bila gaji anda tinggi, karena belum tentu perusahaan yang menggaji anda bersumber dari uang halal.
Bagaimana bila saya seorang buruh pabrik? silahkan diteliti lagi, ini pabrik dapat keuntungan dari trading saham atau tidak?
waduh kalau begitu semua haram dong? Bunga bank saja haram..?
Nah bila sudah tahu masih melakukan , berarti dosa lho..

Syariah Islam banyak mengatur tentang halal-haramnya sumber rejeki..karena itu wajib bagi setiap muslim untuk mengamalkan syariah Islam. Bukan hanya rajin sholat, tapi saatnya kita naik level untuk menjadi mukmin yang takwa yaitu dengan menjalankan syariah Islam dengan menyeluruh.. Karena itu maka sebaiknya kita harus mencari rejeki sesuai syariah Islam. Bisnis sesuai syariah Islam


Hukum Syariah membangun dan mengatur semua aspek dalam kehidupan seorang muslim, sehingga hukum Syariah mengakibatkan beberapa transaksi keuangan dan investasi menjadi haram.

Berikut kutipan dari islamicinvestmentnetwork.com/sharialaw.php,  yang meringkas hukum bisnis sesuai syariah Islam secara ringan dan mudah dipahami.

Dua efek yang paling signifikan dari hukum syariah dalam berbisnis adalah larangan dalam :

- Riba, Bunga
- Investasi Haram

Beberapa aturan tambahan dalam hukum syariah menyebabkan sedikit pilihan investasi yang bisa diikuti oleh seorang muslim, terutama investasi di dunia barat.

-Riba

Bunga dalam membayar hutang adalah riba, dan dilarang didalam bisnis Islam yang sesuai syariah.
Dalam dunia syariah, keuangan Islam berdasarkan kepemilikan aset dan pembagian resiko, dalam dua konsep yaitu Mushakarah dan Mudarabah, Itulah yang membedakan keuangan Islam dan keungan cara Barat, Bila cara barat lebih besar berdasarkan bunga dan transfer resiko.

Dalam bisnis keuangan ala Barat, Bank akan memerima bunga untuk resiko yang diembannya saat memberikan pinjaman ke nasabah, sedangkan dalam  cara bisnis syariah , Bank syariah akan membagi dana kepada nasabah untuk berbisnis, lalu menyepakati laba atau rugi yang akan dibagi, berdasarkan jumlah uang yang di bagi. Hal yang tidak ada dalam Bank konvensional adalah pembagian kerugian ini.

Investasi Haram

Muslim tidak boleh investasi di dalam semua bisnis yang mengandung unsur haram. Tidak boleh investasi dalam bisnis alkohol, babi, tembakau, pornografi, prostitusi, perjudian, pabrik senjata dan berbagai entertainmen yang bertentangan dengan nilai-nilai Islam. Bagaimanapun, karena Riba itu dilarang, maka muslim tidak boleh investasi dalam Bank konvensional maupun bisnis simpan pinjam yang tidak syariah.
Selanjutnya, karena konsep Musharakah, Muslim tidak boleh invest dalam bisnis yang mentransfer resiko, seperti ASURANSI konvensional.

Sebagai tambahan . Karena muslim tidak boleh investasi dalam perjudian maka, sudah selayaknya muslim menghindari trading konvensional.

Dari penjabaran di atas, maka dapat dipastikan bahwa syariahbisnis.com adalah bisnis sesuai syariah, tidak ada riba, tidak termasuk investasi haram. Jadi syariahbisnis.com adalah bisnis yang Halal.


InsyaAlloh dengan bergabung di Syariahbisnis.com dengan niat untuk syiar Islam maka kita akan mendapat rejeki yang barokah. Amiin.
Masih Ragu dengan syariahbisnis.com?, bergabung dan pelajari isinya. Saya sudah bergabung duatahun ini dan hasilnya lumayan, yang penting syiar Islam.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

1 comments:

comments
Anonymous
August 7, 2014 at 9:15 PM delete

Mantab syariahbisnis emang terbukti..makasih infonya..

Reply
avatar